General__Itu__Indah

Mengatasi Trackball HP yang Macet

Sekarang banyak sekali HP bermunculan dan mengeluarkan produck2 baru yang semakin canggih.berbagai fitur di masukan kedalamnya,dri mulai untuk komunikasi, chat,browser,pengolah data smpai fitur2nya hampir sama dengan komputer.
Tpi banyak jga kelemahan2 dri setiap HP tersebut. Dan yang paling sering yaitu keypad,joystek ataupun trackballnya yg cpt bermasalah.
Saya sendiri kebingungan disaat trackball HP BB sya bermasalah, mau service tpi yg ada untuk service HP BB nda tau di mana karna maklum lah orang ndeso jadi d daerah saya belum ada service untuk HP BB,mungkin ada tpi saya sendiri yang tdk tahu lokasinya, dan mungkin jga untuk biaya y lumayan mahal untuk mengganti kerusakan trackball pad BB.
Dengan modal nekat saya coba oprek BB saya sendiri, karna semua orang itu menurut saya bisa kalu kita mau berusaha,
Dan kalimat yang saya ikuti yaitu kita bisa karna biasa...tapi bagaimana kita bisa klu kita tidak mencoba???
Karna itulah kita harus berani mencoba setelah itu kita biasakan dan akhirnya kitapun bisa...

Oo°˚˚°ooK nda usah banyak cerita deh..
Kita bahas aja langsung cara memecahkan masalah trackballl BB yang susah ataupun macet.
Buat anda pemilik HP ber-trackball seperti Blackberry 8310, 8320,88xx, Javeline 8900 atau Bold 9000 sering dalam 4 bulan sekali tombol navigasi itu macet. Kadang bisa ke atas tapi ke bawah susah. Ke kiri bisa tapi ke kanan susah. Saat ini terjadi, anda mungkin manarik napas panjang, kesal.
Dan buat kawan Kompasioner yang sering menulis di HP, pasti daya kreatifnya terganggu.
Bila anda bawa ke tempat service, resmi maupun tak resmi, hampir pasti anda disuruh ganti trackball. Coba perhatikan, trackball adalah komponen yang memanfaatkan bola kecil yang berputar.
Saat dia digerakan ke atas, besi kecil di bawah trackball ikut berputar dan mengirim sensor navigasi untuk ke atas. Begitu juga bila tiga arah lainnya digerakkan. Jadi ada 4 besi kecil yang ujungnya ada seperti roda di bawah trackball itu.
Pemilik smart phone seperti Blackberry pasti hari-harinya gak lepas dari benda kesayangannya itu. Jempol yang menari di atas trackball juga tidak selalu bersih. Apalagi bila aktivitas lebih sering di udara terbuka. Ketiga fakta berakibat masuknya kotoran, biasanya debu, kedalam sendi-sendi trackball.
Jadi saat trackball macet, 95 persen karena kotor. Perputaran bola dan roda dibawahnya tidak maksimal
Tapi sebetul ya tidak banyak yang perlu di lakukan untuk masalah trackball yang susah untuk di geser ke kana,kiri,atas dan bawah,

Kali ini sya akan berbagi pengalaman mengenai hal itu,
1. Coba kita bersihkan trackball itu dengan menggunakan kain yang di basuh dengan pembersih ataupun  alkohol.dengan cara ini lumayan sedikit ampuh klu emang trackball itu tidak terlalu kotor didalamnya,catatan trakball harus dilepas dari Hp klu tidak dapat beresiko klu air pembersih masuk ke komponen hp ..

2. Klu memang masih belum bisa kita bongkar ja trackball itu, untuk HP BB 88xx kita ungkit / dicungkil klu bhs kerennya c penutup trackball itu kmudian ambil rollpadnya...
Bersihkan trackball itu sampai bersih dari kotoran tangan kita yg uda bejubel di situ, jgn takut rusak karna sebtul y d trackball itu tidak ada komponen elektro y..
Tipi jgn sampai patah ataupun pecah dlm trackball itu,setelah bersih kemudian pasang kembali trackball trsbt.

Dan hasilnya Taaarrrrrrraaaaaaammmmm
Trackball bebas bergerak sesuai dengan perintah kita...
Itulah seklumit mengenai masalah trackball BB yang macet atau nda mau ngikuti perintah alias mbandeeeelllll
Semoga tulisan yang seklumit ini bermanfaat bagi temen2 yg memang memiliki masalah yang sama dengan saya sndri mengenai trackball BB
Ini yang saya sudah pernah lakaukan pada BB 8830 huron, tpi klu untuk BB yg lain kurang tau, tpi msh bisa coba dengan cara yang pertama..
Kesalahan ataupun kerusakan di tanggung sendiri ya..klu pas di coba ma BB kalian nda berhasil. Karna ini hanya berbagi cerita mengenai masalah trackball dan ini hanya pengalaman saya sendiri bukan dari kursusus, hanya modal nekat duang, yang pasti kita hrus punya moto
"Kita bisa karna biasa" lha untuk itu kita harus "berani mencoba" klu tidak mencoba bagaimana kita bisa? Tpi jangan lupa yang kita coba dan biasakan ini bener atau salah jdi ingat jga " biasakan yang benar,jangan membenarkan yang biasa"
•-̶̶•̸Ϟ•̸ °•·· τнäиκ чöü ··•° •̸Ϟ•̸-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar